You need to enable javaScript to run this app.

Bidang Perikanan Adakan Temu Teknis Bagi Pelaku Usaha Perikanan Di Solok Selatan

  • Jum'at, 28 Juli 2023
  • Perikanan
  • Administrator
  • 0 komentar
Bidang Perikanan Adakan Temu Teknis Bagi Pelaku Usaha Perikanan Di Solok Selatan

Kamis, 28 Juli 2023

Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan melalui Bidang Perikanan mengadakan temu teknis pembenihan dan penerapan CBIB bagi pelaku usaha perikanan Kabupaten Solok Selatan.

Produksi sektor budididaya perikanan di tahun 2021 masih rendah berkisar 1.920 ton, lebih rendah dibanding kabupaten kota di provinsi sumbar yang lain. Tercatat AKI (angka konsumsi ikan) Solok Selatan tahun 2022 menjadi yang terendah di Provinsi Sumatera Barat dengan hanya 37,04 Kg/Kapita pertahun. Menanggulangi hal tersebut, perlu adanya perhatian lebih terhadap promosi konsumsi ikan terutama dari sektor budidaya yang merupakan hulu kegiatan perikanan.

Tahun 2022 sebanyak 1.520 calon indukan nila dan mas telah dibagikan ke 4 UPR, dan sebanyak 70000 ekor benih ikan nila, mas juga sudah diserahkan ke 10 pokdakan di Kabupaten Solok Selatan. Hal ini merupakan bentuk stimulasi yang dilakukan oleh bidang perikanan di Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan agar pembudidaya ikan dapat melakukan aktivitas budidaya dengan baik demi memperbaiki perekonomian masyarakat.

Kegiatan ini bertujuan menyampaikan kondisi perikanan di Kabupaten Solok Selatan, serta berdiskusi lansung dengan pelaku usaha perikanan. Pertemuan ini juga lebih banyak diisi dengan tanya jawab antara pelaku usaha perikanan dengan pihak pemerintahan dalam penyelesaian maslah yang dihadapi di lapangan. Salah seorang pelaku usaha (Rajul) menyampaikan bahwa pertemuan ini memberikan informasi yang bermanfaat bagi pelaku usaha untuk penerapan cara budidaya yang baik. 

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

drh. Nurhayati

- Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan -

Selamat datang di website resmi Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan Website ini bertujuan untuk...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini ?

Hasil