You need to enable javaScript to run this app.

PENGEMBANGAN SORGUM SOLOK SELATAN

PENGEMBANGAN SORGUM SOLOK SELATAN

PadaHariRabutanggal 2 November 2022, telahberlangsungsuksespenanamanperdanaBudidayaTanamanSorgum Di KabupatenSolokSelatan, olehBupatiSolok Selatan, PT. Sorgum Indonesia Grup (SIG), KepalaPerangkat Daerah se KabupatenSolok Selatan, Koordinator BPP besertaPenyuluhPertanian se-KabupatenSolok Selatan sertamasyarakatsekitar. Penanamandilakukan di Banda RuntuahJorong Sungai SandanNagariLubukGadang Utara, KecamatanSangir.

Sorgumsebenarnyabukantanaman yang asingbagipetani di KabupatenSolok Selatan, namunkurangnyainformasipemanfaatansertanilainya, sorgumtidakmenjadiperhatianbagipetani, sehinggasorgum yang tumbuh di lahanmereka, dianggapsebagaitanaman liar di lahanbudidayamereka.Sorgumjugabukantanamanpanganpokoksepertihalnyabagimasyarakat di bagianTimur Indonesia, sehinggabelumadaindustrihilir yang melakukanpenanganandanpengolahanpascapanenterhadapkomoditisorgum.

Secaramorfologi, bentukbatang,daundanakarnyahampirsamadenganjagung. Dalambudidayanyaperbedaansorgumdenganjagung, jagungdalamsekalitanamdilakukanpanensatu kali, tanamansorgumsekalitanamdapatdipanentiga kali.

Pengolahan yang biasadilakukanmasyarakatterhadapsorgum,hanyadijadikanberassorgum. Dari segikandungannya,tedapatkandungan mineral zatbesi, fosforkalsium, proteindanserat yang lebihtinggidariberas, dankandungankarbohidrat, lemakdankalori yang lebihrendahdariberas. Kandungansorgum yang kaya akanunsurgizidasarinisangatdibutuhkanolehanak-anakdalammasapertumbuhan agar tidakmengalamistunsting (terhambatnyapertumbuhan) danbermanfaatbagimereka yang mengalamimasalahgangguan anemia.

Selainitu,keunikankandungan yang dimilikisorgumlainnyaadalahadanyaunsur tannin danasamfitat.Sifatantioksidan tannin lebihtinggidaripada vitamin E dan C, demikianjugaantioksidanantosianinsorgumjugalebihstabil, sehinggabagusdikomsumsiolehmereka yang menderita diabetes.

Sorgummemilikikkadar gluten yang rendah, sehinggabaik di konsumsiolehpenderitaautis, danmencegahceliac desease(Auto imun), IndekGlikemik (IG) yang rendah (IG merupakanindikatorcepatataulambatnyaunsurkarbohidratdalambahanpangandalammeningkatkankadarguladarahdalamtubuh) cocokuntukmakanan diet, sertamencegahterjadinyapenurunandayakognitifdangangguanusiasepertipenyakit Alzheimer, penyakitjantung, dankolesterol.

Seiringdenganperkembanganpengetahuan, hasilkajian yang pernah di lakukanterhadapSorgum, sorgumdapatdiolahmenjaditepung (sehinggadapatdiolahlebihlanjutmenjadiberbagaipanganan, snak, kuekeringdll), kandungan mineral dalambatangnyadapatdiolahmenjadigula, karbohidratpadabulirnyadapat di jadikanbahanbakupembuatan bioethanol, hijauanbatangdandaunnyadapat di jadikansilase/ pakanternakdan lain sebagainya.

Mencermatikebaikandanpotensiekonomi yang di milikinya, pemilihansorgumsebagaitanamanpangan yang dikembangkanolehPemerintahDaerah KabupatenSolok Selatan, adalahsuatulangkah yang sangatsejalandenganpewujudanvisimisiBupatidanWakilBupatiSolok Selatan dalammeningkatkankesejahteraanmasyarakat.

Langkahkongkritdukunganpengembangansorgumyang dilakukanBupatidanWakilBupatiSolok Selatan adalahdenganmenggandeng PT. Sorgum Indonesia Grupsebagaimitradalamlangkahawalpengembangansorgum di KabupatenSolok Selatan seluas 300 ha, tanamperdanatelahdilakukanpadalahanseluas 2 ha di Jorong Sungai Salak, NagariLubukGadang Utara KecamatanSangir. SelanjutnyaBupatiSolok Selatan menginstruksikankepadaDinasPertanianKabupatenSolok Selatan, melaluiKepalaDinasPertaniandrh. Nurhayatiuntukmengawalupayainidenganseriusdanmatang.

Mohd. Hendry Sultan ChaniagoselakuPresidenDirektur PT. SIG, memberikanjaminanpemasarankepadaPemerintah Daerah danMasayarakatSolok Selatan, bahwahasilpanensorgumdaripetani, akandibelioleh PT. SIG sesuaidenganhargadankondisibulirsorgum yang disepakatibersama, tertulisdalamkontrakkerjasama.

Denganperhatian yang lebih yang di tunjukkanolehBupatidanWakilBupatiSolok Selatan, Perangkat Daerah danantusiasmasyarakatSolok Selatan terhadapSorgum, Mohd. Hendry Sultan Chaniagomengambilkeputusanbahwaperesmianpencananganpengembangansorgum di Provinsi Sumatera Barat yang di Prakarsai PT SIG, akandipusatkan di KabupatenSolok Selatan, danperesmiannyaakan di lakukanolehWakilMenteriPertanian RI BapakHarvickHasnulQolbi, dalambulan November 2022 ini, di lahan yang di kerjasamakandenganKepolisianResorSolok Selatan.

EFL.

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

drh. Nurhayati

- Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan -

Selamat datang di website resmi Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan Website ini bertujuan untuk...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini ?

Hasil