You need to enable javaScript to run this app.

INFORMASI HARGA BEBERAPA KOMODITI TANAMAN PANGAN BULAN OKTOBER 2022

INFORMASI HARGA BEBERAPA KOMODITI TANAMAN PANGAN BULAN OKTOBER 2022

Sejak Awal Agutus 2022, terjadi kenaikan harga beras di Kabupaten Solok Selatan dan puncaknya pada Akhir Oktober 2022, harga beras premium mencapai harga Rp 15.625/ kg atau Rp 25.000,- per Sukek (satuan lokal). Kondisi ini merupakan dampak dari berbagai faktor yang mempengaruhi produksi beras di Kabupaten Solok Selatan, diantaranya:

  1. Terjadinyaseranganhamatikusdanadanyapenyakitkuning yang di sebabkanwereng di beberapahamparanbudidayatanamanpadi di Kecamatan Koto ParikGadangDiateh, Kecamatan Sungai PagudanKecamatanPauh Duo. Luasantingkatseranganbervariasi, dansolusi yang di lakukanpetaniataupunpenggaraplahanadalah, menundapenanamanbibitpadi.
  2. Ketidaktersediaan air dan motif ekonomi, petanidanpenggaraplahan di KecamatanSangir, menerapkanpolatanamselainpadi di lahansawah, diantarajagungpakanternak.

Sedangkan harga jagung pipil kering untuk pakan ternak di Kabupaten Solok Selatan selama bulan Oktober 2022 cenderung menurun. Hal ini dapat dikaitkan dengan benih jagung premium, yang memberikan hasil provitas yang maksimal dibudidayakan di Kecamatan Sangir, mengalami kelangkaan atau tidak tersedia di tingkat kios dan pengecer, serta di pengaruhi oleh harga pupuk non subsidi juga merangkak naik selama bulan Oktober 2022.

Berikut informasiharga beberapa komoditi tanaman pangan selama bulan Oktober 2022. EFL/GA

Grafik Perkembangan Harga Pasar Komoditas padi, jagung dan kacang tanah di Kabupaten Solok Selatan Bulan Oktober

Terjadi kenaikan harga beras kualitas 1 dan kualitas 2 di Kabupaten Solok Selatan pada minggu pertama dan minggu kedua bulan Oktober. Sedangkan pada minggu ke 4 sampai minggu ke 6 Bulan Oktober harga cenderung tetap di harga Rp. 15.000,- /Kg.

Begitu pula dengan harga kacang tanah terjadi penurunan pada Minggu ke 1 dan minggu ke 2 Bulan dan pada Minggu ke 4 sampai minggu ke 6 Harga cenderung tetap.

 

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

drh. Nurhayati

- Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan -

Selamat datang di website resmi Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan Website ini bertujuan untuk...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini ?

Hasil