You need to enable javaScript to run this app.

Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Solok Selatan menerima kunjungan Balitbang Provinsi Sumatera Barat dan Rektor Universitas PGRI Sumatera Barat

  • Minggu, 21 Mei 2023
  • Perkebunan
  • Administrator
  • 0 komentar
Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Solok Selatan menerima kunjungan Balitbang Provinsi Sumatera Barat dan Rektor Universitas PGRI Sumatera Barat

Pada hari Kamis tanggal 17 Mei 2023 Bidang Perkebunan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Solok Selatan menerima kunjungan Balitbang Provinsi Sumatera Barat dan Rektor Universitas PGRI Sumatera Barat  yaitu:

  1. Dr. Ansofino, M.Si (Rektor Universitas PGRI Sumatera Barat)
  2. Triana Desy Putri, M.Si (Kepala Bidang Ekonomi dan Pembangunan Balitbang Provinsi Sumatera Barat)
  3. Momon, ST, M.Sc (Peneliti Muda Balitbang Provinsi Sumatera Barat)

 

Kunjungan tersebut bermaksud untuk melaksanakan penelitian tentang tanaman unggulan perkebunan di Kabupaten Solok Selatan yang memiliki potensi ekspor. Tim dari Balitbang Provinsi tersebut diterima oleh Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan  Kabupaten Solok Selatan Admi Zulkhairi, S.Si, M.Si, Pengawas Benih Tanaman Perkebunan Mahyudin Hotomo, SP dan Ketua MPIG KARCASS ( Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis Kopi Arabika Camintoran Solok Selatan) Aang Kurniyawan, SP. Dari hasil diskusi didapat beberapa kesimpulan antara lain:

  1. Kabupaten Solok Selatan memiliki komoditi perkebunan unggulan yang berpotensi ekspor, yaitu:
  2. Kopi Arabika dan Kopi Robusta
  3. Kelapa Sawit
  4. Pinang
  5. Casiavera (Kulit Manis)
  6. Karet
  7. Kakao
  8. Kelapa dalam

 

  1. Perlu ada kebijakan terkait stabilitas harga komoditi perkebunan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan.
  2. Kelembagaan petani pekebun perlu diperkuat untuk meningkatkan daya tawar petani perkebunan.
  3. Petani pekebun kopi Solok Selatan telah melakukan ekspor ke luar Negeri, untuk itu perlu dijaga tingkat produksi dan kontinuitas ketersediaan bahan baku ekspor.
  4. Perlu dilakukan inovasi teknologi untuk meningkatkan kualitas produk ekspor khususnya kopi Solok Selatan.
  5. Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Solok Selatan dalam hal ini Bidang Perkebunan masih sangat memerlukan pembinaan dari instansi terkait, salah satunya Balitbang Provinsi Sumatera Barat dalam rangka pengembangan komoditi unggulan Perkebunan di Kabupaten Solok Selatan.
  6. Kedepan Balitbang Provinsi Sumatera Barat menyarankan untuk bekerja sama dengan lembaga Perguruan Tinggi dalam rangka penelitian di bidang inovasi teknologi komoditas unggulan perkebunan.
Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

drh. Nurhayati

- Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan -

Selamat datang di website resmi Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan Website ini bertujuan untuk...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini ?

Hasil