You need to enable javaScript to run this app.

Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DPKPP dampingi tim Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat lakukan Audit Penerbitan NKV di RPU Andalas Mandiri

  • Jum'at, 03 November 2023
  • Peternakan
  • Administrator
  • 0 komentar
Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DPKPP dampingi tim Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat lakukan Audit Penerbitan NKV di RPU Andalas Mandiri

Solok Selatan - Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DPKPP dampingi tim Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat lakukan Audit Penerbitan NKV di RPU Andalas Mandiri.

Salah satu kegiatan yang menunjang ketahanan dan keamanan pangan adalah pemberlakuan sertifikasi nomor kontrol veteriner. Sertifikasi NKV adalah sertifikasi sebagai bukti tertulis yang sah telah dipenuhinya hygiene dan sanitasi sebagai jaminan keamanan produk hewan pada unit usaha produk hewan.

Saat ini masalah jaminan mutu dan keamanan pangan terus berkembang sesuai dengan tuntutan dan persyaratan konsumen serta dengan tingkat kehidupan dan kesejahteraan manusia. Keamanan pangan menjadi hak bagi konsumen, dan menjadi issue penting didalam perdagangan global, jaminan keamanan pangan merupakan syarat dalam memenangkan persaingan di pasar bebas.

Persoalan keamanan pangan menjadi dasar perlunya Nomor Kontrol Veteriner pada unit usaha produk hewan, sehingga produk pangan dari produk hewan yang dihasilkan Halal, Aman, Utuh dan Sehat. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan nantinya produk usaha peternakan yang dihasilkan oleh pengusaha peternakan di Kabupaten Solok Selatan mempunyai daya saing dan kompetensi yang bagus dan dapat bersaing secara regional dan nasional.

Rumah Potong Unggas (RPU) Andalas Mandiri berlokasi di Nagari Sungai Kunyit Kecamatan Sangir Balai Janggo, pemilik usaha tersebut yaitu Bapak Mon Efendi, menyampaikan bahwa usaha yang sedang beliau kembangkan saat ini tidak terlepas dari pembinaan Universitas Andalas Padang.

Berdasarkan informasi dari Tim auditor Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat, RPU Andalas Mandiri sudah layak diberikan Sertifikat NKV Level 2, yang artinya lembaga usaha ini dapat melaksanakan perdagangan lintas provinsi.

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

drh. Nurhayati

- Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan -

Selamat datang di website resmi Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan Website ini bertujuan untuk...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini ?

Hasil