You need to enable javaScript to run this app.

Solok Selatan - Petugas Inseminator Solok Selatan lahirkan anakan IB kembar

  • Senin, 06 November 2023
  • Peternakan
  • Administrator
  • 1 komentar
Solok Selatan - Petugas Inseminator Solok Selatan lahirkan anakan IB kembar

Berita gembira datang dari salah seorang petugas inseminator di Kabupaten Solok Selatan, bahwasanya hasil Inseminasi Buatan yang dilaksanakan oleh Saudara Ahmad Rusdi telah berhasil melahirkan anakan sapi kembar dari jenis rumpun Sapi Bali.

Inseminasi Buatan pada sapi (kawin suntik) adalah suatu cara atau teknik untuk memasukkan mani (spermatozoa atau semen) yang telah dicairkan dan telah diproses terlebih dahulu yang berasal dari ternak jantan ke dalam saluran alat kelamin betina dengan menggunakan metode dan alat khusus yang disebut 'insemination gun'.

Pemilik ternak kembar tersebut adalah Bapak Ruswandi yang beralamat di Kecamatan Sangir Jujuan. Kode semen 111117 SS1111 yang merupakan straw produksi BPTSD Tuah Sakato Payakumbuh. Sebagai upaya pendukung untuk pelaksanaan program unggulan pemerintah daerah, Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan serta UPT Puskeswan, telah menetapkan dan membagi wilayah kerja petugas inseminator di seluruh wilayah Kabupaten Solok Selatan.

Anakan sapi kembar hasil inseminasi buatan ini juga pernah terjadi beberapa waktu yang lalu di Kabupaten Solok Selatan dari petugas inseminator yang lain, semoga dengan banyaknya kelahiran anak hasil IB yang kembar ini dapat memacu semangat masyarakat peternak untuk berusaha budidaya ternak sapi, seiring dengan program unggulan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan berupa Satu Keluarga Satu Sapi (SukaSapi).

Bagikan artikel ini:

1 Komentar

"Info layanan "
12 Feb 2024 13:05 Eko Suhairi

Beri Komentar

drh. Nurhayati

- Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan -

Selamat datang di website resmi Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan Website ini bertujuan untuk...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini ?

Hasil