You need to enable javaScript to run this app.

Apresiasi terbaik untuk petugas Inseminator Kabupaten Solok Selatan

  • Kamis, 30 November 2023
  • Peternakan
  • Administrator
  • 0 komentar
Apresiasi terbaik untuk petugas Inseminator Kabupaten Solok Selatan

Solok Selatan

Dalam rangka menggalakkan penggunaan teknologi, Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DPKPP melalui inseminator dilapangan terus mensosialisasikan untuk pengaplikasian teknologi Inseminasi Buatan kepada para peternak. Inseminasi Buatan (IB) adalah Proses memasukkan semen beku (Spermatozoa) yang telah dicairkan yang berasal dari ternak jantan unggul ke-dalam saluran alat reproduksi betina, Sehingga mampu meningkatkan mutu genetik hewan ternak dalam waktu singkat dan menghasilkan anakkan berkualitas dalam jumlah banyak menggunakan bantuan manusia dan alat khusus yang disebut ‘insemination gun‘.

Bagi Peternak, teknologi IB sangat bermanfaat baik dari segi teknis maupun ekonomis. Adapun beberapa manfaat IB adalah menghemat biaya pemeliharaan ternak jantan, dapat mengatur jarak kelahiran antar ternak, mencegah terjadinya kawin sedarah pada sapi betina (inbreeding), semen beku dapat disimpan dalam waktu yang lama, serta dapat menghindari kecelakaan yang sering terjadi pada saat perkawinan secara fisik karena pejantan yang terlalu besar.

Tujuan dari pelaksanaan Inseminasi Buatan diantaranya adalah memperbaiki mutu genetika pada hewan ternak, tidak mengharuskan membawa pejantan unggul ketempat ternak betina, mengoptimalkan penggunaan bibit dari pejantan unggul, mengurangi gangguan fisik pada sapi betina, meningkatkan populasi angka kelahiran ternak, serta mecegah penularan penyakit kelamin.

Sebagai wujud pelayanan kepada masyarakat, Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan dan UPT Puskeswan telah menetapkan pembagian wilayah kerja bagi petugas Inseminasi Buatan. Sehingga apabila adaya masyarakat yang membutuhkan pelayanan, dapat segera dibantu oleh petugas pada wilayah terdekat.

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

drh. Nurhayati

- Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan -

Selamat datang di website resmi Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan Website ini bertujuan untuk...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini ?

Hasil